Jumat, 04 Agustus 2017

Penyebab dan Cara Mengatasi Panas Laptop Berlebihan atau Overheat

Penyebab dan Cara Mengatasi Panas Laptop Berlebihan atau Overheat

logo
Assalamualaikum wr.wb

   Penyebab dan Cara Mengatasi Panas Laptop Berlebihan atau Overheat - Berbicara soal laptop pasti tidak luput dari yang namanya panas, terlebih lagi jika laptop tersebut sudah berumur :D kayak mimin :'v . Nah kali ini mimin akan memberikan sedikit tips mengenai cara mengatasi laptop yang panas berlebihan, banyak sekali penyebab panas pada laptop diantaranya : Penggunaan terlalu lamakipas tidak berfungsi dengan baik atau rusakpenempatan laptop yang kurang tepatpasta laptop yang sudah mengering, dan usia laptop yang sudah tua seperti yang mimin sebutkan diatas.
Bagaimana Cara Mengatasi Penyebab dari Panas Laptop yang Berlebihan atau Overheat tersebut?
#Menggunakan Cooling Pad
   Cooling Pad, merupakan salah satu aksesoris khusus yang dirancang untuk mencegah laptop cepat panas. Gunakan aksesoris ini tiap kali kalian menggunakan laptop, Cooling Pad cukup efektif untuk mengurangi panas pada laptop.

#Hindari Aktivitas Berat Terlalu Lama
   Sangat penting bagi kita untuk menempatkan segala sesuatu pada tempatnya, dalam hal ini penggunaan laptop (aktivitas berat). Jangan gunakan laptop untuk aktivitas berat yang terlalu lama, misalnya ; editing video, bermain game HD ,dsb. Aktivitas berat yang tersebut karena penggunaan hardware seperti Prosesor / Ram / Harddisk / VGA ,dll. Misalkan saja penggunaan Harddisk 100%, hal ini bisa dilihat pada task manager, penggunaan hardisk yang over akan berakibat prosessor melakukan kerja keras yang menimbulkan panas yang berlebihan pada laptop.
Baca juga : Cara Mengatasi Disk Usage 100% pada Windows
#Penempatan Laptop
   Penggunaan laptop juga tidak sembarangan, ada hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan laptop. Selalu gunakan alas laptop yang datar dan keras, hindari alas yang bergelombang. contoh nyata, anak kost atau kuliah yang menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas diletakkan di kasur, dsb. Hal tersebut mempengaruhi sirkulasi udara pada laptop yang berakibat panas pada laptop karena daerah keluar panas pada laptop terhambat. Jadi gunakan alas yang datar dan kalau bisa keras, lebih baik lagi pakai Cooling Pad yang mimin sebutkan diatas.

#Sesuaikan Software atau Game pada Laptop
   Seringkali para pengguna laptop tidak tau Spesifikasi minimum sebuah software terhadap laptop yang dimilikinya hal inilah yang mengakibatkan panas pada laptop, mengapa?? karena seringkali asal - asalan dalam menginstall suatu software atau katakanlah Game yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop yang dimiliki. Spek Laptop : Prosessor core duo, vga bawaan laptop, ram cuma 2 GB digunakan untuk install dan bermain PES 2017 ya gak kuatlah, kasihan laptopnya makin overheat kan tuh
Baca juga : Cara Melihat Spesifikasi Laptop atau Komputer
#Membersihkan Ventilasi Udara pada Laptop
   Ventilasi pada Laptop berguna untuk keluarnya udara panas pada laptop melalui fan internal yang ada didalam laptop. Tentu saja dalam jangka waktu lama ventilasi pada laptop akan terhambat karena debu atau kotoran yang sudah terlalu banyak, jadi rutinlah membersihkan ventilasi atau lubang laptop setidaknya 1 bulan sekali dengan menggunakan kuas.

#Mengganti Pasta Prosesor
   Usia laptop yang sudah tua atau penggunaan yang lama mengakibatkan pasta yang ada pada prosesor mengering karena kinerja dan penyerapan panas pada laptop. Maka dari itu perlu diperbarui lagi pasta yang baru dengan yang lama, harganya nggak terlalu mahal kok 50rb sudah dapat kualitas yang lumayan bagus. Caranya : Bongkar laptop, pada bagian prosesor di atasnya ada krim, itulah pastanya bersihkan pasta lama dengan tisu sampai bersih dan oleskan dengan pasta yang baru. jika tidak ingin ambil risiko lebih baik diserahkan pada teknisi laptop yang berpengalaman.

   Nah itu tadi beberapa cara menangani laptop yang panas berlebih, hal yang wajar apabila laptop kita panas sampai overheat. Banyak aktivitas berat yang seringkali dilakukan sehari - hari ngegame, ngedit video, dsb oleh karenanya semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, terima gaji kasih sudah berkunjung

Wassalamualaikum wr.wb
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support